Kamis, 30 Desember 2010

ARTIKEL SOFTSKILL IBD

Nama : Niki Purnamasari
Kelas : 1EA19
NPM : 14210982

Pulau Komodo Keajaiaban Dunia Terbaru

            Taman Nasional Komodo (TNK) yang terletak di perbatasan antara Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan Nusa Tenggara Timur. Pulau Komodo merupakan salah satu pulau terbesar dari gugusan pulau-pulau yang terdapat di Taman Nasional Komodo, yaitu pulau Rinca dan pulau Padar. Sejak tahun 1980 kawasan ini telah dinobatkan sebagai kawasan lindung dengan status taman nasional oleh pemerintah kita. Enam tahun kemudian TNK juga dinyatakan sebagai cagar biosfer oleh UNESCO, dan pada tahun 1991 ditetapkan sebagi situs “warisan alam dunia (world heritage site)” yaitu daerah yang memiliki peninggalan sejarah penting dan harus dilestarikan.
            Ditempat ini kita bias menemukan satwa langka berupa kadal terbesar didunia yaitu Komodo (varamus komodoensis). Kadal raksasa ini diduga keturunan langsung dari kadal yang lebih besar dari  pulau Jawa dan Australia yang hidup 30.000 tahun lalu.
            Dipulau komodo juga terdapat 277 jenis satwa perpaduan jenis dari Asia dan Australia: sudah termasuk 32 spesies mamalia, 128 jenis burung, dan 37 jenis reptilian. Jika kita suka snorkeling atau diving, kita harus mencoba dating kesana. Ada lebih dari seratus titik penyelaman dikawasan ini. Karena di dalam laut birunya kita bisa menemukan 385 jemis karang penyusun terumbu, 1.000 jenis ikan karang, 70 jenis sponge, 6 jenis paus, 10 jenis lumba-lumba, 3 jenis penyu, parimanta, kerapu berukuran besar, napoleon wrasse serta giant sweetlips.
(dikutip dari majalah Kawanku edisi 17 Juni 2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar