Kamis, 30 Desember 2010

ARTIKEL SOFTSKILL IBD

Nama : Niki Purnamasari
Kelas : 1EA19
NPM : 14210982



Hubungan Antara Pengangguran dan Pertumbuhan Ekonomi

            Pertumbuhan ekonomi biasanya diikuti oleh terciptanya lapangan pekerjaan baru. Ketika ekonomi tumbuh, berarti terdapat pertumbuhan barang dan jasa. Ketika hal ini terjadi, maka kerutuhan akan tenaga kerja untuk memproduksi barng dan jasapun akan tumbuh. Sebagai contoh, katakanlah kamu mempunyai usaha warung kecil. Kalau barang-barang jaualan kamu laku dan permintaan meningkat, tentu kamu langsung menambah persediaan barang. Untuk itu, mungkin kamu harus menambah tenaga kerja untuk menjaga warung, membeli barang, dan sebagainya. Sebaliknya, apabila permintaan menurun berarti barang-barang dagangan kamu tidak laku. Untuk membayar biaya-biaya atau hutang, kamu harus menghemat. Salah satu caranya mengurangi tenaga kerja.
            Pengangguran yang tinggi berarti jumlah masyarakat yang tidak mempunyai penghasilan juga tinggi, masyarakat yang tidak mempunyai penghasilan akan mempunyai kesuliatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Akibatnya, kesejahteraan mereka pun akan menurun.
            Pemerintah harus membantu menunjang kehidupan para pengangguran yang sudah tidak bias menunjang hidupnya sendiri. Oleh karena itu, Negara selalu berusaha untuk menekan pengangguran.

(dikutip dari Buku IPS Ekonomi, Suryanto Nurhadi, penerbit Erlangga)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar