nama : Niki Purnamasari
kelas : 3ea13
npm : 14210982
BAB I
PENDAHULUAN
1.
PENGERTIAN
PERILAKU KONSUMEN
Perilaku
konsumen menurut J.Paul Peter and Jerry C.Oslo adalah interaksi dinamis antara
pengaruh dan kognisi,perilaku,dan kejadian di sekitar kita dimana manusia
melakukan aspek pemikiran dalam hidup mereka.
Menurut
James F.Angel, Perilaku konsumen adalah tindakan yang langsung terlibat dalam
mendapatkan,menkonsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa termasuk proses
keputusan yang mendahului dan menyusul tindakan ini.
Perilaku
konsumen melibatkan interaksi, menekankan bahwa untuk mengembangkan strategi
pemasaran yang tepat, kita harus memahami yang dipikirkan (kognisi), dirasakan
(pengaruh) oleh konsumen.
Perilaku
konsumen juga melibatkan pertukaran, menekankan bahwa konsumen tetap konsisten
dengan definisi pemasaran yang sejauh ini berkaitan dengan pertukaran.
2.
PEMIKIRAN YANG
BENAR TENTANG KONSUMEN
A.
PENGERTIAN
KONSUMEN
Menurut pengertian Pasal 1 angka 2 UU
PK, Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia
dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga,orang lain,
maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.
B.
CIRI-CIRI
KONSUMEN
Ada 2 ciri-ciri
konsumen,yaitu:
1. Personal Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk penggunaannya sendiri.
2. Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi tersebut.
1. Personal Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk penggunaannya sendiri.
2. Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi tersebut.
3.
PENELITIAN
KONSUMEN SEBAGAI SUATU BIDANG YANG DINAMIS
Menekankan
bahwa seorang konsumen,kelompok konsumen,serta masyarakat luas selalu berubah
dan bergerak sepanjang waktu. Dalam hal pengembangan strategi pemasaran, sifat
dinamis perilaku konsumen menyiratkan bahwa seseorang tiadak boleh berharap
bahwa satu strategi pemasaran yang sama dapat membiarkan hasil yang sama
sepanjang waktu, dan di pasar serta industri yang sama.
Referensi :
buku judul Measuring Customer Satisfaction oleh Freddy
Pangkuti
Tidak ada komentar:
Posting Komentar