Rabu, 17 Oktober 2012

BAB I (Pendahuluan)


nama : Niki Purnamasari
kelas : 3ea13
npm   : 14210982


BAB I
PENDAHULUAN


1.      PENGERTIAN PERILAKU KONSUMEN

Perilaku konsumen menurut J.Paul Peter and Jerry C.Oslo adalah interaksi dinamis antara pengaruh dan kognisi,perilaku,dan kejadian di sekitar kita dimana manusia melakukan aspek pemikiran dalam hidup mereka.
Menurut James F.Angel, Perilaku konsumen adalah tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan,menkonsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa termasuk proses keputusan yang mendahului dan menyusul tindakan ini.
Perilaku konsumen melibatkan interaksi, menekankan bahwa untuk mengembangkan strategi pemasaran yang tepat, kita harus memahami yang dipikirkan (kognisi), dirasakan (pengaruh) oleh konsumen.
Perilaku konsumen juga melibatkan pertukaran, menekankan bahwa konsumen tetap konsisten dengan definisi pemasaran yang sejauh ini berkaitan dengan pertukaran.

2.      PEMIKIRAN YANG BENAR TENTANG KONSUMEN

A.    PENGERTIAN KONSUMEN
Menurut pengertian Pasal 1 angka 2 UU PK, Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga,orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.
B.     CIRI-CIRI KONSUMEN
Ada 2 ciri-ciri konsumen,yaitu:
1. Personal Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk
 penggunaannya sendiri.
2. Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi tersebut.

3.      PENELITIAN KONSUMEN SEBAGAI SUATU BIDANG YANG DINAMIS

Menekankan bahwa seorang konsumen,kelompok konsumen,serta masyarakat luas selalu berubah dan bergerak sepanjang waktu. Dalam hal pengembangan strategi pemasaran, sifat dinamis perilaku konsumen menyiratkan bahwa seseorang tiadak boleh berharap bahwa satu strategi pemasaran yang sama dapat membiarkan hasil yang sama sepanjang waktu, dan di pasar serta industri yang sama.

Referensi :
buku judul Measuring Customer Satisfaction oleh Freddy Pangkuti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar