Senin, 22 Oktober 2012

JURNAL 2 (METODE RISET)



 Nama : Niki Purnamasari
 Kelas : 3ea13
 NPM : 14210982

Jurnal 2
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP
KEPUASAN KONSUMEN WARNET “AURORA” PABELAN
KARTASURA SURAKARTA

Tema : Kepuasan Konsumen
Judul :PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP
KEPUASAN KONSUMEN WARNET “AURORA” PABELAN
KARTASURA SURAKARTA
Oleh : Muslimin Correia

BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Pertumbuhan dunia usaha dewasa ini mengalami perkembangan yang
sangat pesat, hal ini ditandai dengan berbagai usaha baik itu di bidang jasa
maupun di bidang produksi. Demikian juga usaha di bidang warnet yang
memberikan harapan yang sangat menjanjikan bagi pengelolannya, mengigat
pada era globalisasi seperti sekarang ini jasa warung internet sangatlah
dibutuhkan. Banyak informasi yang akan kita dapatkan dari internet, salah
satu diantaranya adalah, dengan mengakses internet kita akan memperoleh
informasi mengenai apa yang sedang terjadi di seluruh dunia pada saat ini.
Internet merupakan hubungan komputer dengan berbagai tipe yang
membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer
global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit
dan lainnya.
Konsumen atau pelanggan dalam usahanya untuk menggunakan jasa
warung internet pasti akan melakukan beberapa pilihan baik terhadap jasa itu
sendiri maupun tempat di mana jasa tersebut disediakan. Loyalitas konsumen
terhadap suatu warung internet menunjukan kecenderungan konsumen untuk
melakukan kunjungan ulang dalam suatu periode tertentu. Dan loyalitas ini
terbentuk karena adanya kepuasan yang dirasakan oleh konsumen. Kepuasan
tersebut tercipta karena beberapa alasan diantaranya karena harga yang
ditawarkan murah, kualitas pelayanan yang baik, lokasi mudah dijangkau,
serta fasilitas dan tempat yang disediakan nyaman untuk digunakan. Adanya
perbedaan antara tingkat pelayanan yang diberikan oleh penyedia jasa dengan
tingkat harapan konsumen menimbulkan adanya gap atau kesenjangan.
Berdasarkan kesenjangan itu maka dapat diketahui apakah terpenuhi atau tidak
harapan dari konsumen, sehingga akan mempengaruhi tercapainya kepuasan
konsumen. Oleh karena itu, jaminan kualitas menjadi prioritas utama bagi
setiap perusahaan yang ada pada saat ini khususnya perusahaan jasa dimana
dapat dijadikan tolak ukur keunggulan daya saing perusahaan.
Harga merupakan faktor yang sangat penting bagi konsumen dalam
pengambilan keputusan untuk berkunjung ke suatu warung internet. Akan
tetapi harga terkadang tidak menjadi bahan pertimbangan konsumen manakala
konsumen telah jatuh hati pada jasa yang ditawarkan. Penentuan harga secara
tepat dan dapat dijangkau oleh berbagai lapisan masyarakat dapat menjadi
daya tarik konsumen sehingga, konsumen mampu dan bersedia untuk
menggunakan jasa yang ditawarkan serta membuktikan adanya kesetiaan
konsumen untuk menjadi pelanggan. Selain harga, konsumen dalam
melakukan pemilihan kunjungan ke suatu warung internet juga akan
mempertimbangkan kualitas pelayanannya. Kualitas pelayanan yang baik
diharapkan dapat membantu warung internet dalam memperoleh pelanggan
baru sekaligus mempertahankan kualitas pelayanan pada pelanggan lama.
Kualitas Pelayanan yang tidak memuaskan terhadap konsumen, merupakan
indikasi bahwa mereka akan kecewa terhadap warung internet tersebut.
Warung internet “AURORA” Pabelan Kartasura Surakarta
merupakan salah satu warnet yang paling banyak dikunjungi oleh para
mahasiswa karena lokasinya yang sangat strategis yaitu tepat di depan
Kampus Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta, sehingga
banyak mahasiswa dari UMS yang sering kali mendominasi dalam berkunjung
ke warnet tersebut.
Berdasarkan berbagai latar belakang di atas, maka penulis tertarik
untuk menyusun skripsi dengan judul : “PENGARUH KUALITAS
PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN WARNET
“AURORA” PABELAN KARTASURA SURAKARTA”.
B. PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas,
maka masalah yang menjadi perhatian dalam penelitian ini adalah, apakah
terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan tingkat
kepuasan pelanggan pada pengguna jasa warung internet “AURORA” Pabelan
Kartasura Surakarta.
C. TUJUAN PENELITIAN
Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah
kualitas pelayanan dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap
tingkat kepuasan pelanggan pada pengguna jasa warung internet “AURORA”
Pabelan Kartasura Surakarta.
D. MANFAAT PENELITIAN
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan masukan yang
bermanfaat bagi warung internet “AURORA” Pabelan Kartasura Surakarta,
dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada konsumen, serta dapat
dijadikan bahan referensi bagi pembaca kajian ilmu pengetahuan yang
berkaitan dengan Manajemen Pemasaran.

E. HASIL DAN ANALISIS
 Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan tercipta karena beberapa alasan diantaranya karena harga yang ditawarkan murah, kualitas pelayanan yang baik, lokasi mudah dijangkau, serta fasilitas dan tempat yang disediakan nyaman untuk digunakan.
http://ums.ac.id/2874/1/B100050324.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar