Nama : Niki Purnamasari
kelas : 3ea13
npm : 14210982
PENGARUH
FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA WARNET ZOE NET DI
SURABAYA
Tema :Kepuasan Konsumen
Judul : PENGARUH
FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA WARNET ZOE NET DI
SURABAYA
Oleh : RIZKY
AGUNG PUTRA P , 2010
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada abad modern ini perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi semakin maju. Hal ini mendorong perkembangan dunia usaha yang semakin
pesat dan persaingan pasar semakin ketat, sehingga menuntut adanya sistem
pemasaran yang semakin baik pada setiap perusahaan yang bergerak dalam bidang
industri maupun jasa.
Pemasaran merupakan salah satu sarana bagi perusahaan untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan. Agar tujuan tersebut tercapai
maka setiap perusahaan harus berupaya menghasilkan dan menyampaikan barang atau
jasa yang diinginkan konsumen dengan memberikan pelayanan yang menyenangkan dan
fasilitas – fasilitas yang menunjang.
Memberikan pelayanan yang unggul merupakan sebuah strategi
yang sangat penting karena dapat menghasilkan lebih banyak pelanggan baru..
Pelayanan merupakan komponen nilai yang pokok yang menggerakan setiap
perusahaan untuk sukses.
Perusahaan yang ingin berkembang dan mendapatkan keunggulan
yang kompetitif harus dapat memberikan produk berupa barang atau jasa yang
berkualitas dengan harga murah, dan pelayanan yang baik kepada pelanggan dari
para pesaing. Untuk memenuhi kepuasan pelanggan pada industri jasa, kualitas
pelayanan penting dikelola perusahaan dengan baik.
Kualitas pelayanan sangat penting pada industri jasa, kualitas
pelayananan terbaik merupakan suatu profit strategi untuk meningkatkan lebih
banyak pelanggan baru, mempertahankan pelanggan yang ada, menghindari kaburnya
pelanggan, dan menciptakan keunggulan khusus yang tidak hanya bersaing dari
segi harga. Apabila pelayanan yang diterima atau dirasa sesuai dengan yang
diharapkan oleh pelanggan, maka kualitas pelayanan dapat dipersepsikan baik dan
memuaskan. Citra kualitas yang baik tidak berdasarkan atas persepsi penyedia
layanan, melainkan berdasarkan atas persepsi pelanggan. Kualitas pelayanan
dapat digambarkan sebagai suatu pernyataan tentang sikap, hubungan yang
dihasilkan dan perbandingan antara ekspeksitas (harapan) dengan kinerja. Dengan
semakin meningkatnya tingkat gaya hidup masyarakat, maka kebutuhan masyarakat
terhadap barang atau jasa juga semakin meningkat. Salah satu jasa dari
teknologi informasi yang banyak dimanfaatkan dan digunakan masyarakat adalah
dengan menggunakan sarana internet melalui perusahaan kecil jasa layanan
informasi. Dengan mengakses pada salah satu internet seseorang akan dengan
mudah memperoleh informasi yang diinginkan.
Warnet yang merupakan salah satu perusahaan kecil yang
bergerak dalam bidang layanan jasa informasi internet merupakan salah satu
komponen bagi perkembangan sektor informasi. Sektor informasi ini mempunyai
perkembangan yang cukup pesat sekali, yang dapat dilihat semakin maraknya
jumlah yang beraneka ragam. Berarti usaha ini sangatlah menjajikan. Di wilayah
surabaya juga telah banyak bermunculan warnet
warnet yang menandakan bahwa pesaing antar warnet semakin
kompetitif sehingga haru lebih berhati – hati dalam menjaga keberadaaan warnet.
Penggusaha di bidang warnet juga tidak dapat menghindari persaingan dalam
menjaga minat konsumen untuk tetap menggunakan jasanya. Menghadapi situasi
tersebut, maka seorang pengusaha warnet harus dapat mengelola kegiatan
pemasaran dengan lebih baik secara terus – menerus dan berusaha meningkatkan
keuntungan yang optimal. Untuk dapat mencapai hal tersebut bukan hal yang mudah
bagi suatu perusahaan, sebab dibutuhkan perhatian khusus dan juga pengetahuan
untuk menggetahui faktor – faktor yang mendukung dan berpengaruh dalam kegiatan
pemasaran.
Sebagai perusahaan jasa, untuk dapat menciptakan nilai lebih
pada konsumen maka perlu diperhatikan faktor – faktor kualitas layanan jasa
yang diberikan kepada konsumen seperti kualitas layanan yang berkaitan pada
segala sesuatu yang tampak nyata (peralatan dan teknologi, kebersihan dan
kenyamanan ruangan, sarana parkir yang memadai, perlengkapan yang yang
digunakan mudah di operasikan), kualitas layanan yang berkaitan dengan
kemampuan karyawan dalam memberikan layanan segera dan memuaskan konsumen
(kecepatan dalam pelayanan, kecepatan dalam mengakses aplikasi komputer),
kualitas layanan yang berkaiatan dengan memberikan pelayanan sebaik mungkin
(kesediaan karyawan dalam membantu konsumen, ketangapan karyawan), layanan yang
berkaitan dengan pengetahuan dan kesopan santuan karyawan serta kemampuan
mereka untuk menumbuhkan rasa kepercayaan dan keyakinan (perasaan aman,
pengetahuan produk, tingkat kejujuran, sikap dalam melayani konsumen), kualitas
layanan yang
berkaitan dengan kepedulian, komunikasi yang baik dan
memahami kebutuhan kepada para konsumen (pelayanan yang adil, hubungan antar
konsumen dengan karyawan, memberikan keburuhan konsumen). Pada saat ini,
konsumen dalam mengambil keputusan untuk mengkonsumsi jasa mempunyai banyak
pertimbangan – pertimbangan seperti fasilitas dan pelayanan yang ada pada
warnet tersebut. Hal ini penting sekali untuk dilakukan mengingat bahwa
konsumen akan melakukan pembelian ulang apabila kinerja dari jasa tersebut
mampu memberikan sesuai dengan harapan mereka. Apabila kinerja yang dihasilkan
tidak sesuai dengan harapan, maka konsumen akan merasa tidak puas sehingga mereka
tidak akan melakukan pembelian secara berulang atau akan merekomendasikan
kepada calon konsumen lain hal – hal yang buruk terhadap warnet tersebut
sehingga dampaknya akan sangat merugikan warnet tersebut. Warnet Zoe Net
berlokasi di Jl. Medoka Ayu 1A/18 Surabaya. Lokasi warnet Zoe Net sangat
strategis dekat dengan Universitas Pembangunan Nasioanal (UPN). Jam kerja
warnet Zoe Net 24 jam non stop. Sedangkan konsumen pada warnet Zoe Net sendiri
adalah Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN), siswa / siswi Sekolah
– Sekolah Menengah di sekitar lokasi warnet Zoe Net tersebut, yang melakukan
pembelian ulang jasa internet pada warnet Zoe Net selama periode penelitian.
Warnet Zoe Net mengalami kenaikan dan penurunan jumlah
konsumen setiap bulannya. Berikut ini adalah data jumlah konsumen pada warnet
Zoe Net setiap bulannya, mulai Januari 2009 sampai dengan Februari 2010.
Tabel 1.1 Data
Jumlah Konsumen Warnet Zoe Net per Januari 2009 sampai Februai 2010
Januari 2009
|
368
|
Februari 2009
|
405
|
Maret 2009
|
288
|
April 2009
|
397
|
Mei 2009
|
355
|
Juni 2009
|
384
|
Juli 2009
|
417
|
Agustus 2009
|
208
|
September 2009
|
293
|
Oktober 2009
|
268
|
November 2009
|
365
|
Desember 2009
|
329
|
Januari 2010
|
197
|
Februari 2010
|
106
|
Sumber, warnet Zoe Net 2010
Berdasarkan tabel diatas, dapat
diketahui bahwa jumlah konsumen pada warnet Zoe Net setiap bulanya fluktuatif,
dan memiliki kecenderungan turun. Fenomena ini perlu diwaspadai oleh warnet Zoe
Net karena dengan jumlah konsumen yang fluktuatif akan memberikan pengaruh yang
merugikan bagi perusahaan warnet Zoe Net. Oleh karena itu untuk mengatasi
fenomena tersebut maka pihak warnet Zoe Net sebaiknya, memperhatikan Kinerja (performance),
Ciri-ciri atau keistimewan tambahan (features),
Keadaan (relibility), Kesesuaian
dengan spesifikasi (conformance to spesification), Daya tahan (durability), Serviceability,
Estetika, Kualitas yang dipersepsikan (perceived quality) antara lain dengan
memberikan pelayanan dan fasilitas yang obtimal, supaya konsumen yang menikmati
jasa warnet Zoe Net akan kembali melakukan atau memakai kembali jasa yang telah
di berikan. Kepuasan konsumen juga merupakan hal terpenting untuk diteliti,
karena hal ini merupakan salah satu alasan konsumen untuk melakukan pembelian
ulang jasa internet pada warnet Zoe Net. Apabila kinerja yang dihasilkan tidak
sesuai dengan harapan maka konsumen akan merasa tidak puas sehingga mereka
tidak akan melakukan pembelian secara berulang atau bahkan tidak
merekomendasikan pada konsumen lain, hal – hal yang buruk sehingga dampaknya
akan sangat merugikan perusahaan itu sendiri. Dari hal tersebut dapat ditarik
suatu kesimpulan bahwa terciptanya kepuasan pelanggan dapat memberikan beberapa
manfaat, diantaranya adalah hubungan antara perusahaan dan pelanggannya menjadi
harmonis, memberikan dasar yang baik bagi pembelian secara berulang dan
terciptanya loyalitas pelanggan, dan membentuk suatu rekomendasi. Berawal dari
masalah ini maka peneliti berkeinginan untuk mengadakan penelitian tentang
pengaruh fasilitas dan kualitas layanan jasa terhadap kepuasan konsumen.
1.2 Perumusan Masalah
1. Apakah fasilitas dan pelayanan secara simultan
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada warnet Zoe Net di
Surabaya ?
2. Apakah fasilitas dan pelayanan secara parsial berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan konsumen pada warnet Zoe Net di Surabaya ?
1.3 Tujuan Penelitian
1. Untuk menganalisis pengaruh secara simultan fasilitas dan
pelayanan terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa internet pada
warnet Zoe Net di Surabaya
2. Untuk menganalisis pengaruh secara parsial fasilitas dan
pelayanan terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa internet pada
warnet Zoe Net di Surabaya
1.4 Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat :
a. Manfaat teoritis
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi
teoritis pada pengembangan teori pemasaran dan perilaku konsemen. Khususnya
digunakan sebagai solusi alternative dalam pengambilan keputusan untuk
memecahkan permasalahan yang berhubungan dengan faktor – faktor yang
mempengaruhi fasilitas dan pelayanan pada warnet Zoe Net konsumen dalam menilai
kualitas layanan pada warnet.
b. Manfaat Praktis
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pertimbangan
bagi manajemen perusahaan khususnya dibidang pemasaran, selain itu hasil
penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan referensi bagi peneliti
selanjutnya.
1.5 Hasil dan analisis
faktor yang mempengaruhi adalah faktor – faktor kualitas layanan jasa yang diberikan kepada konsumen seperti kualitas layanan yang berkaitan pada segala sesuatu yang tampak nyata (peralatan dan teknologi, kebersihan dan kenyamanan ruangan, sarana parkir yang memadai, perlengkapan yang yang digunakan mudah di operasikan), kualitas layanan yang berkaitan dengan kemampuan karyawan dalam memberikan layanan segera dan memuaskan konsumen (kecepatan dalam pelayanan, kecepatan dalam mengakses aplikasi komputer), kualitas layanan yang berkaiatan dengan memberikan pelayanan sebaik mungkin (kesediaan karyawan dalam membantu konsumen, ketangapan karyawan), layanan yang berkaitan dengan pengetahuan dan kesopan santuan karyawan serta kemampuan mereka untuk menumbuhkan rasa kepercayaan dan keyakinan (perasaan aman, pengetahuan produk, tingkat kejujuran, sikap dalam melayani konsumen), kualitas layanan yang 4 berkaitan dengan kepedulian, komunikasi yang baik dan memahami kebutuhan kepada para konsumen (pelayanan yang adil, hubungan antar konsumen dengan karyawan,memberikan keburuhan konsumen).
1.5 Hasil dan analisis
faktor yang mempengaruhi adalah faktor – faktor kualitas layanan jasa yang diberikan kepada konsumen seperti kualitas layanan yang berkaitan pada segala sesuatu yang tampak nyata (peralatan dan teknologi, kebersihan dan kenyamanan ruangan, sarana parkir yang memadai, perlengkapan yang yang digunakan mudah di operasikan), kualitas layanan yang berkaitan dengan kemampuan karyawan dalam memberikan layanan segera dan memuaskan konsumen (kecepatan dalam pelayanan, kecepatan dalam mengakses aplikasi komputer), kualitas layanan yang berkaiatan dengan memberikan pelayanan sebaik mungkin (kesediaan karyawan dalam membantu konsumen, ketangapan karyawan), layanan yang berkaitan dengan pengetahuan dan kesopan santuan karyawan serta kemampuan mereka untuk menumbuhkan rasa kepercayaan dan keyakinan (perasaan aman, pengetahuan produk, tingkat kejujuran, sikap dalam melayani konsumen), kualitas layanan yang 4 berkaitan dengan kepedulian, komunikasi yang baik dan memahami kebutuhan kepada para konsumen (pelayanan yang adil, hubungan antar konsumen dengan karyawan,memberikan keburuhan konsumen).
http://eprints.upnjatim.ac.id/601/1/File_1.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar