Selasa, 20 November 2012

JURNAL 1 (BARU)


JURNAL  1

Nama :  Bunda Mulia, Maret 2008
Tema  : Kepuasan Konsumen
Judul  : Analisis Faktor-Faktor yang Paling Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Warnet di Sekitar Universitas
Tarumanagara

Analisis Faktor-Faktor yang Paling Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Warnet di Sekitar Universitas Tarumanagara

1.       Latar Belakang
Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia berkembang sangat pesat. Menurut data IDC (Internet Indo Data Centra Indonesia), ada sekitar 196 juta pengguna Internet di seluruh dunia sampai akhir tahun 1999, dan menjadi 502 juta pengguna pada tahun 2003. Saat ini pengguna internet di Indonesia sebanyak 20 juta orang diperkirakan akan bertambah sebanyak 5 juta orang di tahun 2007. Salah satu fenomena yang terjadi dengan pesatnya pertambahan pengguna internet di Indonesia adalah warung internet dan online shopping. Dari pengguna internet sebanyak 20 juta orang, 40% diantaranya mengakses internet dari warnet. Pada saat ini Awari (Asosiasi Warung Internet Indonesia) memperkirakan jumlah warnet yang tersebar di Indonesia telah mencapai lebih dari 10 ribu.

2.       Tujuan Penelitian
faktor-faktor apa saja yang menyebabkan konsumen warnet puas dan seberapa besarkah pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap kepuasan konsumen warnet khususnya yang ada disekitar Tarumanagara.

3.       Metodologi
a.       Data dan Sumber Data
·         Data yaitu menggunakan data primer yang diambil berdasarkan kuesioner kepada pelanggan.
·         Sumber datanya diambil dari pelanggan atau pengunjung warung internet di sekitar kampus Untar 2. Warung internet yang disurvey berjumlah 10 (sepuluh) warnet yaitu Jordan, Q net, I Dunia, SS, D-base, Telkom, Meganet, Logos, Gravity, dan Heroes.
b.      Variabel
Lokasi, harga, fasilitas warnet, kecepatan akses internet, suasana warnet, pelayanan.

c.       Metode Penelitian
Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dimana pemilihan anggota populasi untuk masuk dalam sampel dilakukan berdasarkan pertimbangan subyektif peneliti.

d.      Model Penelitian
·         Analisis Korelasi
Analisis korelasi dilakukan untuk mengetahui hubungan antara faktor khususnya antara Y dengan x1, Y dengan x2, Y dengan x3, Y dengan x4, Y dengan x5, Y dengan x6.
·         Analisis Regresi linear berganda
Metode ini digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel jika terdapat lebih dari 2 variabel dengan persamaan:
Y = a + b1X1 + b2X2 + b3X3 + b4X4 + b5X5 + b6X6
Dimana :
Y = Kepuasan konsumen
X1 = Lokasi
X2 = Harga
X3 = Fasilitas
X4 = Kecepatan akses
X5 = Suasana
X6 = Pelayanan Pengukuran varibael paling penting bagi kepuasan konsumen dilakukan dengan mempelajari bentuk-bentuk regresi secara step wise analysis.

4.       Hasil Penelitian dan Kesimpulan
a.       Dari analisis korelasi dapat dilihat bahwa korelasi terhadap dependen variabel rendah sekali yang disebabkan oleh sulitnya penentuan nilai Y.
b.      Dari analisis regresi berganda dapat dilihat bahwa model yang didapatkan tidak dapat mewakili pendapat responden mengenai faktor-faktor yang ada.
c.       Berdasarkan perbandingan nilai R2, maka dapat dilihat bahwa faktor kecepatan akses internet (x4) mempunyai pengaruh paling besar terhadap kepuasan konsumen (Y). Faktor kedua yang paling mempengaruhi adalah fasilitas warnet (x3).

5.       Saran
Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa faktor kecepatan akses internet dan faktor fasilitas warnet paling besar mempengaruhi kepuasan konsumen sehingga para pengusaha warnet hendaknya menginvestasikan modalnya untuk kedua faktor tersebut dengan tidak melupakan faktor lainnya, seperti suasana warnet dan pelayanan.Pengusaha warnet hendaknya melakukan standarisasi tugas untuk orang yang akan melakukan pelayanan seperti kasir agar dapat melayani konsumen dengan ramah dan cepat, mengatur jam kerja para karyawannya agar kinerja.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar