JURNAL3
Nama :
Subaidi, 2008
Tema :
Kepuasan Konsumen
Judul : PENGARUH KUALITAS PELAYANAN
TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA USAHA JASA INTERNET ZAISYA NET DI MALANG
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN
TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA USAHA JASA INTERNET ZAISYA NET DI MALANG
1. Latar Belakang
Internet telah membuat revolusi dunia komputer dan dunia
komunikasi yang tidak pernah diduga sebelumnya. Penemuan telegram, telepon,
radio dan komputer merupakan rangkaian kerja ilmiah yang menuntut menuju
terciptanya internet. Internet yang merupakan hasil pengembangan dari teknologi
informasi, saat ini telah menjadi obyek pembicaraan banyak orang, selain
dikenal sebagai sumber informasi yang luar biasa besarnya, internet juga
dikenal sebagai alat komunikasi antar pemakainya. Dimana kesemuanya tidaklah
terbatas pada keadaan geografis dari pemakai internet, jadi dimana dan kapanpun
komunikasi dan pencarian informasi dapat dilakukan melalui internet.
2. Tujuan Penelitian
Untuk
mengetahui kualitas pelayanan ( performance /kinerja
,feature/ ciri atau keistimewaan tambahan, conformance
to specification/ kesesuaian dengan spesifikasi , serviceability/Kemampuan
Pelayanan dan perceived quality/ kualitas yang di
persepsikan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada usaha
Zaisya Net di Malang Untuk mengetahui Dimensi kualitas pelayanan secara parsial
yang dominan mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen pada usaha jasa Zaisya Net.
3. Metodologi
a. Data dan Sumber Data
·
Data yaitu menggunakan
§ Data primer yang
diambil berdasarkan kuesioner kepada pelanggan.
§ Data sekunder yang
diambil berdasarkan konsumen
yang melakukakn akses internet di zaisya net.
·
Sumber
Datanya seluruh konsumen yang
melakukan akses internet di zaisya net jumlah sampel yang di gunakan oleh
peneliti sebanyak 55 responden.
b. Variabel dan Dimensi
·
Variabel
: Kepuasan Pelayanan
·
Dimensi
: Kinerja, ciri atau keistimewaan tambahan,kesesuaian dalam spesifikasi,
serviceability, kualitas yang dipersepsikan
c. Metode Penelitian
penelitian survei adalah penelitian yang mengambil sampel dari
salah satu populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data
yang pokok.
d. Model Penelitian
·
Analisis
Regresi Linier Berganda
Regresi berganda, untuk mengetahui pengaruh antara variabel
bebas dengan variabel terikat digunakan rumus multi regresi yang dihitung
dengan rumus (Freddy, 1999 ; 153) :
Y = a + b1 x1 + b2 x2 + b3 x3 + b4 x4 ……..+ e
Keterangan :
Y = Keputusan pembelian
a = bilangan konstan
b = koefisien regresi
x1 = variabel performance
x2 = variabel feature
x3 = variabel conformance to specification
x4 = variabel serviceability
x5 = variabel pereived quality
E = standart Error
4. Hasil dan Kesimpulan
dapat dikatakan, Performance,Ciri atau keistimewaan tambahan (Feature), Conformance to Specification,Serviceability, dan Perceived Quality mempunyai pengaruh secara bersama-sama (simultan) secara
signifikan terhadap variabel terikat yaitu kepuasan konsumen.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar