Nama : Niki Purnamasari
Kelas : 3ea13
NPM : 14210982
Tema : Kepuasan Konsumen Terhadap Warnet
KERANGKA PEMIKIRAN
Menurut Kotler (2006:74)
menyatakan bahwa “ Kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa
seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesannya
terhadap kinerja atau hasil suatu produk dan harapan – harapannya “. Oleh karena
itu harapan pelanggan warnet tentunya akan sulit terpenuhi atau dicapai apabila
keluhan mereka mengenai harga, lokasi, pelayanan dan kualitas fasilitas tidak
diperhatikan dan cepat diatasi dengan sebaik-baiknya.
Philip Kotler (2006:68) juga
menyatakan bahwa perusahaan dapat menarik pelanggan dan mengungguli pesaing
mereka jika perusahaan tersebut dapat memenuhi dan memuaskan kebutuhan
pelanggan mereka secara lebih baik. Hanya perusahaan – perusahaan yang berpusat
pada pelanggan yang berhasil menarik pelanggan, dan bukan hanya berhasil
memperkenalkan produk, mereka juga terampil dalam merekayasa pasar, dan bukan
hanya rekayasa produk.
Menurut
Subaidi (2008) menyatakan bahwa peranan pelayanan konsumen dalam usahanya untuk
dapat memenuhi kepuasan konsumen sangatlah penting. Upaya yang minimal adalah
dapat memberikan citra yang baik kepada konsumen. Kualitas yang disediakan oleh
perusahaan jasa merupakan cerminan konsumen yang akan menimbang apakahpelayanan
yang ditawarkan sesuai dengan kehendaknya. Dalam hal ini evaluasi perlu
dilakukan oleh perusahaan apakah mereka telah berhasil memberikan apa yang
diharapkan konsumen atau belum. Karena dengan adanya evaluasi tersebut
perusahaan dapat mengetahui sejauh mana mereka telah berhasil memuaskan
konsumen dan hal ini merupakan suatu usaha yang penting demi kelangsungan hidup
perusahaan dalam persaingan yang telah terjadi dalam bidang usaha ini.
Menurut
Subaidi (2008) juga menyatakan bahwa apabila kinerja perusahaan telah memenuhi
persepsi yang ada pada konsumen, maka tanggapan yang diberikan oleh konsumen
adalah positif yang berarti bahwa konsumen merasa puas atas kinerja perusahaan.
Tetapi apabila kinerja perusahaan tidak atau belum memenuhi persepsi konsumen,
maka tanggapan yang diberikan oleh konsumen adalah negatif yang berarti
konsumen tidak atau belum merasa puas atas kinerja perusahaan. Dengan kata
lain, apabila tingkat pelayanan sesuai dengan tingkat kepentingan atas
pelayanan yang diberikan oleh perusahaan, maka pelanggan / konsumen akan merasa
puas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar