Nama : Niki Purnamasari
Kelas : 3EA13
NPM : 14210982
TEMA : KEPUASAN KONSUMEN
TERHADAP WARNET
METODOLOGI
1.
Variabel Penelitian
Definisi
variabel adalah obyek penelitian atau apa yang menjadi titik perhatian suatu
penelitian. Dalam penelitian ini digunakan sejumlah variabel yang dibagi
menjadi dua bagian yaitu : variabel independen (variabel bebas) dan variabel
dependen
(variabel terikat).
a.
Variabel
bebas (independen variable)
Variable bebas (X) dalam penelitian ini
adalah fasilitas,harga,lokasi,dan
pelayanan.
b.
Variabel
Terikat (Dependent Variable)
Variabel terikat (Y) dalam penelitian ini
adalah kepuasan konsumen.
2.
Populasi
dan sampel
Pengertian
populasi menurut Sugiyono (2007:57) yaitu: “Populasi adalah wilayah
generalisasi yang terdiri atas; obyek/subyek yang mempunyai kuantitas dan
karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan
kemudian ditarik kesimpulannya.
Sampel
merupakan sebagian dari populasi yang terdiri atas sejumlah anggota yang
dipilih dari populasi.
Pengambilan
sampel dengan metode accidential
sampling yaitu
jumlah sampelnya ditetapkan terlebih dahulu sesuai dengan tujuan penelitian dan
diambil sampelnya secara acak. Penggunaan accidental sampling dikarenakan untuk
mempermudah dan mempercepat pengumpulan sample
3.
Jenis dan Sumber Data
Dilihat
dari sumbernya penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu :
1. Data primer
Data
primer adalah data yang diperoleh langsung dari sumber pertama baik dari
individu atau perseorangan, seperti hasil wawancara atau hasil pengisian
kuesioner,menurut Umar (2000:130).
2.
Data
Sekunder
Data
sekunder merupakan data primer yang telah diolah lebih lanjut dan disajikan
baik oleh pihak pengumpul data primer atau oleh pihak lain, data sekunder ini
digunakan oleh peneliti untuk diproses lebih lanjut,menurut Umar (2000:130).
4.
Metode Pengumpulan Data
Metode
pengumpulan data penelitian ini adalah :
1.
Wawancara
Wawancara
yaitu suatu kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan informasi secara langsung
dengan mengungkapkan pertanyaan-pertanyaan pada responden (Subagyo, 1999:39).
2.
Kuesioner
Kuesioner
adalah suatu cara pengumpulan data dengan memberikan atau menyebarkan daftar
pertanyaan kepada responden, dengan harapan mereka akan memberikan respon atas
daftar pertanyaan tersebut (Umar, 2000:167).
5.
Metode Analisis Data
Analisis
adalah kegiatan untuk memanfaatkan data sehingga dapat diperoleh suatu
kebenaran atau ketidakbenaran dari suatu hipotesa. Dalam analisis diperlukan
imajinasi dan kreativitas sehingga diuji kemampuan peneliti dalam menalar
sesuatu (Subagyo, 1999:106). Penelitian ini menggunakan analisis Regresi
Berganda dengan pengolahan data menggunakan SPSS 16 for Windows.
1.
Analisis Kualitatif
Analisis
Kualitatif adalah analisis yang berdasarkan data yang dinyatakan dalam bentuk
uraian. Data kualitataif merupakan data berupa informasi, uraian dalam bentuk
bahasa prosa kemudian dikaitkan dengan data lainnya untuk mendaptkan kejelasan
terhadap suatu kebenaran sehingga memperoleh gambaran baru atau menguatkan
suatu gambaran yang sudah ada.
2.
Analisis Kuantitatif
Analisis
kuantitaif ini dimaksudkan untuk memperkirakan besarnya pengaruh secara
kuantitatif dari perubahan satu atau beberapa kejadian lainnya dengan
menggunakan statistik.
6.
Model Penelitian
1.
Regresi
linier berganda
untuk mengetahui pengaruh antara variabel
bebas dengan variabel terikat digunakan rumus multi regresi yang dihitung
dengan rumus (Freddy, 1999 ; 153) :
Y = a + b1 x1 + b2 x2 + b3 x3 + b4 x4 ……..+
e
Keterangan :
Y = Kepuasan Konsumen
a = bilangan konstan
b = koefisien regresi
x1 = variabel fasilitas
x2 = variabel harga
x3 = variabel lokasi
x4 = variabel pelayanan
E = standart Error
2.
Uji
Hipotesis
a.
Uji F
(F-test), untuk mengetahui secara simultan apakah uji regresi ini signifikan
atau tidak. Rumus uji F (Freddy, 1999; 154):
Rumus : F = (R2/k)/((1-R2)/(n-k-1))
Keterangan :
R2 = koefisien determinasi
k = jumlah variable
n = jumlah sampel
F = F hitung yang selanjutnya di uji dengan
F table
Uji hipotesa1, pengujian hipotesa dengan
taraf signifikan atau nyata 5 % dengan hipotesa yang diajukan adalah :
H0 : b1 = b2 = b3 = b4 = 0 : tidak ada
pengaruh yang berarti antara variable bebas terhadap variabel terikat.
H0 : b1=b2 = b3 = b4 = 0 : ada pengaruh yang berarti antara
variabel bebas terhadap variabel terikat.
Kriteria pengujian F-test:
Fhitung > Ftabel maka H0 di tolak dan Ha
diterima.
Fhitung <Ftabel maka H0 di terima dan Ha
ditolak.
Kriteria pengujian t-test :
thitung > ttabel maka H0 di tolak dan Ha
diterima.
thitung <ttabel maka H0 di terima dan Ha
ditolak.
b.
Uji
t, untuk menguji secara parsial apakah variabel bebas berpengaruh terhadap
variabel terikat. Rumus uji t (Freddy, 1999 ; 155) :
Rumus : thitung =
b/Sb
Keterangan :
b = Bobot regresi
Sb = Standar deviasi dari variabel bebas
c.
Uji
hipotesa 2, untuk mengetahui pengaruh yang dominan dari masing-masing variabel
bebas maka diadakan pengujian dengan uji Sumbangan Efektifitas yang dirumuskan:
Rumus : SE Xn = (bn.∑Xn.Y/JKR)R2. 100%
Keterangan
:
SE =
Sumbangan Efektifitas
Xn =
Variabel variabel ke 1............n
bn =
konstanta
Y =
kepuasan
JKR =
jumlah kuadrat regresi
R2 =
koefisien determinasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar