Jumat, 30 November 2012

METODOLOGI (PROPOSAL)


Nama : Niki Purnamasari
Kelas   : 3EA13
NPM    : 14210982
TEMA   : KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP WARNET

METODOLOGI

      1.      Variabel Penelitian

Definisi variabel adalah obyek penelitian atau apa yang menjadi titik perhatian suatu penelitian. Dalam penelitian ini digunakan sejumlah variabel yang dibagi menjadi dua bagian yaitu : variabel independen (variabel bebas) dan variabel
dependen (variabel terikat).

a.      Variabel bebas (independen variable)
Variable bebas (X) dalam penelitian ini adalah fasilitas,harga,lokasi,dan pelayanan.

b.      Variabel Terikat (Dependent Variable)
Variabel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah kepuasan konsumen.

      2.      Populasi dan sampel

Pengertian populasi menurut Sugiyono (2007:57) yaitu: “Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas; obyek/subyek yang mempunyai kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.
Sampel merupakan sebagian dari populasi yang terdiri atas sejumlah anggota yang dipilih dari populasi.
Pengambilan sampel dengan metode accidential sampling yaitu jumlah sampelnya ditetapkan terlebih dahulu sesuai dengan tujuan penelitian dan diambil sampelnya secara acak. Penggunaan accidental sampling dikarenakan untuk mempermudah dan mempercepat pengumpulan sample

      3.      Jenis dan Sumber Data

Dilihat dari sumbernya penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu :

1.      Data primer 
Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari sumber pertama baik dari individu atau perseorangan, seperti hasil wawancara atau hasil pengisian kuesioner,menurut Umar (2000:130).

2.      Data Sekunder
Data sekunder merupakan data primer yang telah diolah lebih lanjut dan disajikan baik oleh pihak pengumpul data primer atau oleh pihak lain, data sekunder ini digunakan oleh peneliti untuk diproses lebih lanjut,menurut Umar (2000:130).


     4.      Metode Pengumpulan Data

Metode pengumpulan data penelitian ini adalah :

1.      Wawancara 
Wawancara yaitu suatu kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan informasi secara langsung dengan mengungkapkan pertanyaan-pertanyaan pada responden (Subagyo, 1999:39).

2.      Kuesioner
Kuesioner adalah suatu cara pengumpulan data dengan memberikan atau menyebarkan daftar pertanyaan kepada responden, dengan harapan mereka akan memberikan respon atas daftar pertanyaan tersebut (Umar, 2000:167).

      5.      Metode Analisis Data

Analisis adalah kegiatan untuk memanfaatkan data sehingga dapat diperoleh suatu kebenaran atau ketidakbenaran dari suatu hipotesa. Dalam analisis diperlukan imajinasi dan kreativitas sehingga diuji kemampuan peneliti dalam menalar sesuatu (Subagyo, 1999:106). Penelitian ini menggunakan analisis Regresi Berganda dengan pengolahan data menggunakan SPSS 16 for Windows.

1.      Analisis Kualitatif 
Analisis Kualitatif adalah analisis yang berdasarkan data yang dinyatakan dalam bentuk uraian. Data kualitataif merupakan data berupa informasi, uraian dalam bentuk bahasa prosa kemudian dikaitkan dengan data lainnya untuk mendaptkan kejelasan terhadap suatu kebenaran sehingga memperoleh gambaran baru atau menguatkan suatu gambaran yang sudah ada.

2.      Analisis Kuantitatif
Analisis kuantitaif ini dimaksudkan untuk memperkirakan besarnya pengaruh secara kuantitatif dari perubahan satu atau beberapa kejadian lainnya dengan menggunakan statistik.

       6.      Model Penelitian

1.      Regresi linier berganda
untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat digunakan rumus multi regresi yang dihitung dengan rumus (Freddy, 1999 ; 153) :

Y = a + b1 x1 + b2 x2 + b3 x3 + b4 x4 ……..+ e
Keterangan :
Y = Kepuasan Konsumen
a = bilangan konstan
b = koefisien regresi
x1 = variabel fasilitas
x2 = variabel harga
x3 = variabel lokasi
x4 = variabel pelayanan
E = standart Error

2.      Uji Hipotesis

a.      Uji F (F-test), untuk mengetahui secara simultan apakah uji regresi ini signifikan atau tidak. Rumus uji F (Freddy, 1999; 154):

Rumus : F = (R2/k)/((1-R2)/(n-k-1))

Keterangan :
R2 = koefisien determinasi
k = jumlah variable
n = jumlah sampel
F = F hitung yang selanjutnya di uji dengan F table

Uji hipotesa1, pengujian hipotesa dengan taraf signifikan atau nyata 5 % dengan hipotesa yang diajukan adalah :

H0 : b1 = b2 = b3 = b4 = 0 : tidak ada pengaruh yang berarti antara variable bebas terhadap variabel terikat.
H0 : b1=b2 = b3 = b4 = 0 : ada pengaruh yang berarti antara variabel bebas terhadap variabel terikat.

Kriteria pengujian F-test:
Fhitung > Ftabel maka H0 di tolak dan Ha diterima.
Fhitung <Ftabel maka H0 di terima dan Ha ditolak.

Kriteria pengujian t-test :
thitung > ttabel maka H0 di tolak dan Ha diterima.
thitung <ttabel maka H0 di terima dan Ha ditolak.

b.      Uji t, untuk menguji secara parsial apakah variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat. Rumus uji t (Freddy, 1999 ; 155) :

Rumus : thitung = b/Sb

Keterangan :
b = Bobot regresi
Sb = Standar deviasi dari variabel bebas

c.       Uji hipotesa 2, untuk mengetahui pengaruh yang dominan dari masing-masing variabel bebas maka diadakan pengujian dengan uji Sumbangan Efektifitas yang dirumuskan:

Rumus : SE Xn = (bn.∑Xn.Y/JKR)R2. 100%



Keterangan :
SE = Sumbangan Efektifitas
Xn = Variabel variabel ke 1............n
bn = konstanta
Y = kepuasan
JKR = jumlah kuadrat regresi
R2 = koefisien determinasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar