Selasa, 20 November 2012

JURNAL 2 (BARU)


JURNAL2

Nama   : Sujoko, April 2007
Tema   : Kepuasaan Konsumen
Judul   : FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMAKAIAN JASA WARNET DI KOTA JEMBER

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMAKAIAN JASA WARNET DI KOTA JEMBER

1.      Latar Belakang
Teknologi Informasi (TI) kini berkembang amat pesat. Peran Internet tidak bisa dipungkiri dalam hal penyediaan informasi global. Di zaman globalisasi ini, kebutuhan untuk memperoleh informasi yang cepat, mudah dan murah sangat penting sehingga internet bisa dikatakan menjadi kebutuhan mendasar manusia (Indosiar.com, 2005).Di Indonesia yang merupakan negara berkembang, kebutuhan informasi akan sangat tinggi, dan salah satu alat untuk memperoleh informasi tersebut yang dirasakan paling sesuai adalah Internet. Sekarang komunitas Internet Indonesia meyakini bahwa internet dapat menjadi obat mujarab untuk menjembatani kesenjangan informasi di Indonesia. (Donny B.U, 2003).

2.      Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui pengaruh faktor bauran pemasaran, faktor individu konsumen, dan factor lingkungan terhadap perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pemakaian jasa warnet baik secara simultan maupun secara parsial.Untuk mengetahui pengaruh paling dominan dari faktor bauran pemasaran, faktor individu konsumen, dan faktor lingkungan terhadap pengambilan keputusan pemakaian jasa warnet.

3.      Metodologi
a.       Data dan Sumber Data
·         Data yaitu menggunakan data primer yang diambil berdasarkan kuesioner kepada pelanggan.
·         Sumber Datanya: pemakai warnet dengan jumlah responden sebanyak 85 orang.

b.      Variabel
variabel-variabel Bauran Pemasaran (Product, Price, Personal Traits, Place, Process), Individu Konsumen (Motivasi, Persepsi), dan Pengaruh Lingkungan (Budaya, Kelompok Acuan), terhadap keputusan pemakaian jasa warnet (Y) di kota Jember.
c.       Metode Penelitian
Metode pengambilan sempel penelitian adalah teknik accidental sampling yaitu metode pengambilan sampel yang dilakukan berdasarkan kebetulan (Sugiyono, 1999).
d.      Model Penelitian
·         Uji Asumsi Klasik
§  Normalitas.
§  Non Autokorelasi.
§  Non Heterokodestisitas.
§  Multicilinearity.
·         Analisis Regresi Berganda
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dimana variable independen pada penelitian ini adalah faktor-faktor perilaku konsumen (X) dan variabel dependen pada penelitian ini adalah keputusan pemakaian jasa warnet (Y).
Rumus persamaan regresi berganda yang digunakan adalah:
Y = a + b1X1 + b2X2 + b3X3 + b4X4 + b5X5 + b6X6 +b7X7 + b8X8 + b9X9 + b10X10+ b11X11+ b12X12 +b13X13 + b14X14 + ε
·         Uji Hipotesis: Uji F dan Uji T
4.      Hasil dan Kesimpulan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemakai jasa warnet di kota Jember mayoritas dari kalangan mahasiswa dan pelajar, dan semakin tinggi pendapatan konsumen cenderung semakin jarang ke warnet. Hal ini dimungkinkan karena pemakai sudah mempunyai akses internet sendiri di rumah.

Sumber :
http://puslit.petra.ac.id/journals/marketing



Tidak ada komentar:

Posting Komentar