JURNAL2
Nama :
Sujoko, April 2007
Tema :
Kepuasaan Konsumen
Judul : FAKTOR-FAKTOR YANG
MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMAKAIAN JASA WARNET DI KOTA JEMBER
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
KEPUTUSAN PEMAKAIAN JASA WARNET DI KOTA JEMBER
1.
Latar
Belakang
Teknologi
Informasi (TI) kini berkembang amat pesat. Peran Internet tidak bisa
dipungkiri dalam hal penyediaan informasi global. Di zaman globalisasi ini,
kebutuhan untuk memperoleh informasi yang cepat, mudah dan murah sangat penting
sehingga internet bisa dikatakan menjadi kebutuhan mendasar manusia
(Indosiar.com, 2005).Di Indonesia yang merupakan negara berkembang, kebutuhan
informasi akan sangat tinggi, dan salah satu alat untuk memperoleh informasi
tersebut yang dirasakan paling sesuai adalah Internet. Sekarang
komunitas Internet Indonesia meyakini bahwa internet dapat menjadi obat mujarab
untuk menjembatani kesenjangan informasi di Indonesia. (Donny B.U, 2003).
2.
Tujuan
Penelitian
Untuk
mengetahui pengaruh faktor bauran pemasaran, faktor individu konsumen, dan factor
lingkungan terhadap perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pemakaian
jasa warnet baik secara simultan maupun secara parsial.Untuk mengetahui
pengaruh paling dominan dari faktor bauran pemasaran, faktor individu konsumen,
dan faktor lingkungan terhadap pengambilan keputusan pemakaian jasa warnet.
3.
Metodologi
a. Data dan Sumber Data
·
Data yaitu menggunakan data primer yang
diambil berdasarkan kuesioner kepada pelanggan.
·
Sumber
Datanya: pemakai
warnet dengan jumlah responden sebanyak 85 orang.
b. Variabel
variabel-variabel
Bauran Pemasaran (Product, Price, Personal Traits, Place, Process), Individu
Konsumen (Motivasi, Persepsi), dan Pengaruh Lingkungan (Budaya, Kelompok Acuan),
terhadap keputusan pemakaian jasa warnet (Y) di kota Jember.
c. Metode Penelitian
Metode pengambilan
sempel penelitian adalah teknik accidental sampling yaitu metode
pengambilan sampel yang dilakukan berdasarkan kebetulan (Sugiyono, 1999).
d. Model Penelitian
·
Uji
Asumsi Klasik
§ Normalitas.
§ Non Autokorelasi.
§ Non Heterokodestisitas.
§ Multicilinearity.
·
Analisis
Regresi Berganda
Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis regresi berganda dimana variable independen pada
penelitian ini adalah faktor-faktor perilaku konsumen (X) dan variabel dependen
pada penelitian ini adalah keputusan pemakaian jasa warnet (Y).
Rumus persamaan regresi berganda
yang digunakan adalah:
Y = a + b1X1 + b2X2 + b3X3 +
b4X4 + b5X5 + b6X6 +b7X7 + b8X8 + b9X9 +
b10X10+ b11X11+ b12X12 +b13X13 + b14X14 + ε
·
Uji
Hipotesis: Uji F dan Uji T
4.
Hasil
dan Kesimpulan
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pemakai jasa warnet di kota Jember mayoritas dari
kalangan mahasiswa dan pelajar, dan semakin tinggi pendapatan konsumen cenderung
semakin jarang ke warnet. Hal ini dimungkinkan karena pemakai sudah mempunyai
akses internet sendiri di rumah.
Sumber :
http://puslit.petra.ac.id/journals/marketing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar